5 Alasan Kenapa Anda Harus Makan Sosis

Makanan apa yang paling cocok untuk dimasak saat pesta barbeque dengan sahabat Anda? Ada ikan, cumi-cumi, tuna, sayuran, bakso, jagung. Hmm tapi kok ada yang kurang ya. Sepertinya bahan-bahan tadi masih belum lengkap kalau belum ada….., yup sosis. Sosis Kanzler selalu menjadi teman setia dalam pesta barbeque dimanapun. 

Makanan yang berbahan dasar daging ini sangat lezat dimasak dengan cara dibakar. Pas banget kan untuk pesta barbeque. Menikmati suasana alam sambil barbequean bersama orang-orang terdekat anda, ditambah menikmati sosis bakar yang masih hangat, sungguh kenikmatan yang sangat berharga. Tapi tahukah anda di balik kenikmatannya. Sosis juga memiliki sejarah yang unik dan panjang sebelum terkenal di seluruh dunia.

Awal Mula Munculnya Sosis

Sosis dulunya adalah makanan khas dari Irak yang selalu tersedia pada saat musim dingin di sana sejak tahun 300 SM. Ternyata sudah tua sekali ya makanan ini. Sosis berasal dari kata latin Salsus yang berarti diasinkan (teknik pengawetan dengan cara diberi garam/diasinkan). Sebelum kulkas ditemukan, orang-orang Yunani dan Irak kuno mengawetkan daging dengan cara dicincang, dibungkus, lalu diawetkan dengan garam. Daging tersebut dapat bertahan lama hingga musim dingin selesai. Jadi masyarakat disana juga masih bisa menikmati daging pada musim-musim yang ekstrim.

Rasa dan bentuk sosis yang beredar pada masa kini ternyata tidak jauh berbeda dengan sosis yang pertama kali muncul. Hanya ada sedikit modifikasi pada rasa dan bentuknya ketika sudah menyebar luas ke berbagai negara besar seperti di Inggris yang menyebutnya sausage dan di Belanda yang menyebutnya saucijs. Di masa kolonial Belanda memperkenalkan makanan ini ke Indonesia. Masyarakat Indonesia mengubah nama makanan dari saucijs menjadi sosis agar mudah diucapkan oleh orang-orang Indonesia.

Sosis yang besarnya sebesar lengan orang dewasa merupakan ciri khas sosis dari Eropa. Bahan baku sosis tersebut berasal dari daging sapi, unggas, hingga ikan yang dicampuri tepung atau sereal. Orang-orang Eropa menjual sosis yang masih mentah atau sudah direbus. Sosis memiliki beberapa jenis, yang pertama adalah Dry Sausage. Sosis tersebut adalah sosis segar yang dikeringkan, biasanya dikonsumsi dalam kondisi dingin dan didiamkan dalam waktu yang lama.

Dan yang terakhir, sosis yang sering kita jumpai di minimarket atau supermarket di Indonesia adalah jenis sosis Coocked Sausage yang terbuat dari daging yang sudah dimasak atau direbus. Sosis ini biasa digoreng atau dipanaskan terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.

Udah tahu kan cerita tentang sejarah sosis, tapi ada fakta lain juga lho tentang sosis. Ternyata mengkonsumsi sosis sangat bermanfaat bagi tubuh Anda, emang apa aja sih manfaatnya? Kuy lihat apa saja manfaat-manfaat mengkonsumsi sosis dibawah ini:

1. Protein Untuk Pembentukan Janin

Sosis daging mengandung semacam senyawa protein yang sangat bermanfaat bagi ibu hamil karena membantu pertumbuhan organ janin seperti otak, tulang, otot, hingga sistem pernafasan. Sehingga mengkonsumsi sosis saat hamil dapat membuat bayi anda sehat dan terhindar dari kekurangan nutrisi.

2. Mendukung Metabolisme Tubuh

Proses metabolisme dapat berjalan dengan lancar dengan dibantu mengkonsumsi sosis. Kandungan dalam sosis dapat membantu penyerapan nutrisi dan pengolahan berbagai zat yang masuk ke organ tubuh bisa diserap dengan baik. Metabolisme akan membentuk tubuh yang sehat dari proses pencernaan.

3. Pemeliharaan Sel Tubuh

Mengkonsumsi sosis merupakan asupan yang baik untuk memproduksi dan mengganti sel-sel tubuh yang sudah mati. Mengkonsumsi sosis dapat menjaga tubuh tetap sehat.

4. Menghasilkan Tenaga

Kandungan karbohidrat dalam sosis dapat membantu menghasilkan tenaga. Berbagai jenis makanan yang mengandung lemak dan karbohidrat diperlukan tubuh untuk cadangan energi yang berguna bagi Anda dalam menjalani aktifitas sehari-hari.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Sosis daging mengandung zat yang bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Sistem imunitas juga mendapat dukungan dari organ tubuh yang sehat. Tubuh dapat bertahan dari serangan kuman dan parasit. Sosis juga memiliki manfaat meningkatkan kemampuan syaraf.

Ternyata banyak sekali manfaat mengkonsumsi sosis. Pastinya dengan mengkonsumsinya dapat menjaga kesehatan tubuh Anda, dan bagi ibu hamil sangat bermanfaat bagi pertumbuhan janin Anda. 

Untuk mendapatkan sosis kanzler dengan kualitas terbaik, selalu pastikan Kamu membelinya di TaniHub. Platform e-commerce ini selain menyediakan sosis juga menjual aneka buah, sayur, bumbu, telur & daging kebutuhan masak hingga sembako. 

Tak hanya lengkap dan berkualitas, belanja di TaniHub juga banyak keuntungannya seperti mendapatkan layanan pengiriman yang cepat, layanan hubungan pelanggan selama 7 hari, metode pembayaran yang beragam, promo – promo menarik serta layanan kepuasan pelanggan yang menjamin penggantian jika barang yang dipesan tidak sesuai.

Untuk berbelanja di TaniHub Kamu bisa mengunjungi websitenya yaitu https://TaniHub.com atau mengunduh aplikasi onlinenya di Play Store dan AppStore.

Tunggu apalagi yuk mengkonsumsi sosis.