Jangan Salah! Ini 8 Jenis Sepatu Formal Pria yang Harus Diketahui

Ada banyak jenis acara formal seperti pernikahan, kekantor atau lainnya. Hal yang sama berlaku untuk sepatu formal, yang juga memiliki beberapa model.

Anda bisa menyesuaikan model sepatu formal pria dengan kepribadian dan penampilan Anda. Simak model-model yang tersedia di bawah ini, yuk!

1. Oxford

Jika Anda ingin mencari sepatu formal paling klasik, jawabannya adalah sepatu oxford. Kebanyakan orang sudah mengetahui model sepatu Oxford karena desainnya yang timeless.

Oleh karena itu, sepatu oxford pria cocok untuk dibeli bagi mereka yang ingin membeli sepatu formal.

2. Wingtip

Tentu saja karena detail ujung runcing berbentuk huruf “M” atau “W” yang dimiliki sepatu ini dan tidak berhenti memberikan suasana formal, coba pilih sepatu berwarna coklat yang tak kalah serbaguna dan bisa menjadi pilihan.

3. Derby

Dimana dulu ada sepatu oxford yang dimaksudkan hanya untuk dipakai pada acara formal, sekarang ada model sepatu derby. Desain sepatu ini tidak jauh berbeda dengan model sebelumnya.

4. Brogue

Jenis sepatu formal ini sebenarnya terdapat pada sepatu oxfords dan derby. Karena sepatu brogue terkait dengan aksen khas hiasan bolong pada sepatu formal.

Untuk tingkat formal, brogues tidak seformal oxfords, sepatu ini umumnya lebih cocok untuk pakaian kantor.

5. Penny Loafer

Model yang pernah diakui sebagai sepatu resmi untuk sekolah menengah atas di seluruh dunia kini diterima sebagai sepatu gaya jalanan. Penny loafers dicirikan dengan penggunaan strap pada lidah sepatunya dengan tambahan detail di dalam kulit lekukan berbentuk berlian.

6. Saddle

Buat Anda yang suka memakai sepatu oxford dengan gaya yang lebih casual, pernahkah kamu mencoba model sepatu Saddle? Keduanya serupa kecuali pelana memiliki tambalan kulit di tengah sepatu.

7. Moccasins

Moccasins adalah model sepatu formal pria yang memadukan loafers dan boat shoes. Namun, mokasin dianggap lebih nyaman dipakai karena terbuat dari bahan yang lebih lembut dan netral yang lebih ringan.

8. Budapest Toe

Model toe ini termasuk yang sangat populer di Jerman dan sebagian Eropa Timur. Desain Budapest toe sendiri terinspirasi dari sepatu tradisional Austria atau Hungaria.

Ciri khas model ini adalah tutup kaki, yang menawarkan lebih banyak ruang dari biasanya.